Karakteristik Anak Tuna Netra

          Karena keterbatasan yang di milikinya, anak tunanetra memiliki karakteristik yang perlu dipahami agar bisa mendapatkan penanganan khusus yang sesuai dengan kondisi anak. Dibawah ini akan dibahas mengenai karakteristik anak tunanetra ditinjau dari aspek akademis, pribadi dan social, serta fisik dan motorik.

A.    Karakteristik anak tunanetra dalam aspek akademis
Tilman & Osborn (1969) menemukan beberapa perbedaanantara anak tunanetra dan anak awas.
a.       Anak tunanetra menyimpan pengalaman-pengalaman khusus, seperti halnya anak awas, namun pengalaman-pengalaman tersebut kurang terintegrasikan.
b.      Anak tunanetra mendapatkan angka yang hamper sama dengan anak awas, dalam hal berhitung, informasi, dan kosakata. Tetapi kurang baik dalam hal pemahaman dan persamaan.
c.       Kosakata anal tunanetra cenderung merupakan kata-kata yang definitif.
B.     Karakteristik anak tunanetra dalam aspek pribadi dan sosial
a.       Karena keterbatasannya, secara tidak langsung menyebabkan timbulnya masalah kepribadian. Masalah kepribadian cenderung diakibatkan oleh sikap negative yang diterima anak dari lingkungan sosialnya.
b.      Anak tunanetra mengalami kesulitan dalam menguasai keterampilan social karena keterampilan tersebut biasanya diperoleh individu melalui model atau contoh perilaku dan umpan balik melalui penglihatan.
c.       Karena faktor-faktor lingkungannya, anak tunanetra mudah curiga terhadap orang lain, mudah tersinggung, dan bergantung pada orang lain.
C.     Karakteristik anak tunanetra dalam aspek fisik/indra dan motorik/perilaku
a.       Secara fisik anak tunanetra dapat dilihat dari kondisi matanya yang berbeda dibanding anak-anak dengan mata normal.
b.      Memiliki kepekaan pendengaran dan perabaan yang lebih baik
c.       Dalam aspek motorik/perilaku, sikap tubuhnya yang kurang tegap, agak kaku dan kurang fleksibel, serta sering menunjukan perilaku yang stereotype, misalnya menggosok-gosok mata atau menghentak-hentakkan kaki.


Dikutip dari:

Wardani,IG.A.K dkk.2011.Pengantar Pendidikan Luar Biasa.Jakarta: Universitas Terbuka

9 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    wis apik..nak iso digawe READ MORE.. ben ora kekebaken..

  1. Unknown mengatakan...:

    okelah mas,,,, ntar tak otak atiknya lagi :) hahaha
    mau olah raga dolo

  1. Anonim mengatakan...:

    smangat... kobarkan terus semangat untuk mereka yang "istimewa"... semangat untuk PLB,,,,
    andri... maaf akun googleQ lg eror

  1. Aku cantik mengatakan...:

    pengetahuan yg membuat pembaca lebih pintar.

  1. Unknown mengatakan...:

    good job...
    smangat y dek,,, kalau ukan generasi muda yang peduli sesama, g akan ada generasi yang bermartabat,,, OK

  1. Unknown mengatakan...:

    Ok mas setuju banget,,, hahaha SEMANGAT!!

  1. Unknown mengatakan...:

    AMIN,,,, semoga tidak hanya pintar saja yang didapat,, tapi juga lebih menyayangi anak2 yang berkebutuhan khusus dan yang memerlukan pendidikan layanan khusus... karena mereka juga mempunyai hak yang sama

  1. Unknown mengatakan...:

    blognya sudah bagus ,menarik,n untuk artikelnya jga menarik

  1. Unknown mengatakan...:

    uda oke bet,lebih bnyk posting lagi y bet biar nmbh wawasan bagi yang ingin tau ttg anak tuna netra